SMKN 1 Gunungputri Kabupaten Bogor Gelar Festival Karier 2023 Selama 2 hari

You are currently viewing SMKN 1 Gunungputri Kabupaten Bogor Gelar Festival Karier 2023 Selama 2 hari

SMK Negeri 1 Gunungputri Kabupaten Bogor, menggelar kegiatan perdana diawal tahun yaitu Festival Karier 2023 pada hari senin dan selasa 09-10  Januari 2023 dengan tema “percik api karier gemilang” yang dipusatkan dilapangan tiga roda dan aula sekolah.

Kegiatan festival karier ini dimulai pada hari senin jam 07.00 sampai dengan selesai, dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Kemudian dilanjutkan dengan opening speech dari ketua panitia festival akrier Hafidz Djayalaksana, ST dilanjutkan oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Gunungputri Juniartini, S.Pd., dan kegiatan dibuka oleh  Pengawas Pembina Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 Provinsi Jawa Barat Carlab, M.Pd., yang menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan festival karier 2023, dipandu oleh MC Trian Fitriani, S.Pd dan Eman Sulaeman, S.Pd.

Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan acara penampilan pentas seni marawis dari rohis SMKN 1 Gunungputri, dan sambutan dukungan dari Ketua Komite SMKN 1 Gunungputri Dimas A. Saputra yang menyampaikan dukungan sepenuh hati untuk kesuksesan kegiatan festifal karier 2023.

Kegiatan inti meliputi seminar bedah jurusan yang disampaikan oleh alumni SMKN 1 Gunungputri dari PTN yaitu UNJ, Unibraw, PNJ, Unsika, IPB, UIN Bandung, dan UPN Veteran Jakarta. Selanjutnya kegiatan seminar career planning oleh Putri Ria Angelina, M.Pd, Kons, lalu ada sharing usaha bisnis digital dengan alumni Hidayanti yang sukses  membangun wirausaha sambal bekerja, lalu dilanjutkan dengan seminar Strategi pemasaran digital (pembuatan video iklan) oleh Muhammad Luthfi Ghozali, SE.MM.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kab.Bogor Asep Mulyana Sudrajat, SH juga memberikan materi tentang bimbingan teknis mengurus legalitas wirausaha kepada kelas XII yang memilih jalur wirausaha dalam pilihan kariernya. Kegiatan lain dalam festival karier yaitu pelatihan jurnalistik dan pelatihan kehumasan dengan sasaran untuk bapak ibu guru SMKN 1 Gunungputri.

Festival karier diisi juga oleh kegiatan stand kampus PTS meliputi UHAMKA, Universitas IPWIJA, Universitas Mercu Buana, UIKA Bogor, STT Bandung, `IBI Kesatuan dan LP2TK Gatot Koco, selain itu ada stand dari UMKM kecamatan Gunungputri dan Market Day dari peserta didik SMKN 1 Gunungputri.

Kegiatan hari kedua Festival Karier dimulai jam 07.00 wib diawali oleh kegiatan sholat dhuha bersama, dilanjutkan oleh penampilan teater oleh ekskul Kabita, yang disambut meriah oleh seluruh peserta, dan selanjutnya kegiatan inti yaitu seminar ketenagakerjaan oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bogor Zaenal Ashari, S,Sos, MM, lalu presentasi kegiatan magang ke Jepang oleh PT Jiaec dan LPK Prodigi, presentasi magang ke Jerman oleh Rudi Russel, dan WorkShop Pembuatan CV dan Surat Lamaran Kerja oleh Dody Ari Kurniawan dari PT VIP.

Pada hari kedua diisi oleh stand Job Fair dari PT Alfamart, PT BTPN Syariah, PT Prima Food dan PT Lucky Light Globalindo yang melaksanakan rekrutmen pegawai dari alumni SMKN 1 Gunungputri dan masyarakat umum, yang dihadiri oleh peserta job fair melamar sekitar 900 orang, demikian juga PT Jiaec dan LPK Prodigi juga turut mengisi stand pelayanan untuk siswa dan alumni atau masyarakat yang ingin mendaftar program magang ke Jepang.

Juniartini menyampaikan Festival Karier merupakan perwujudan kompetensi lulusan SMK yaitu Bekerja, Melanjutkan studi dan wirausaha.

“Festival Karier 2023 SMKN 1 Gunungputri menjadi pemantik untuk lulusan SMK matang memilih karier mereka untuk bekerja, melanjutkan studi dan berwirausaha ” ujar Juniartini selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Gunungputri.

Sementara itu Wakasek Hubinmas SMKN 1 Gunungputri Karyadi menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan penuh sekolah, Instansi pemerintah daerah, kampus, dunia industri dan dunia usaha serta masyarakat umum yang turut mensukseskan pelaksanaan festival karier 2023.  Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik SMKN 1 Gunungputri sekitar 1317, alumni dan masyarakat sekitar 800 orang dari wilayah Kecamatan Gunungoputri dan sekitarnya.