SMKN 1 Gunungputri Lakukan Kunjungan ke Industri Sekitar

You are currently viewing SMKN 1 Gunungputri Lakukan Kunjungan ke Industri Sekitar

SMK Negeri 1 Gunungputri Cabang  Dinas Pendidikan Wilayah 1 Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan ke Industri sekitar wilayah kecamatan Gunungputri dengan tujuan membangun harmonisasi SMK dengan industry pada hari selasa 16 Agustus 2022 bertempat di lokasi industi masing-masing yang dikunjungi.

Kegiatan kunjungan ini dimulai jam 10.00 wib sampai dengan selesai, diikuti oleh wakil kepala sekolah bidang hubungan industri dan masyarakat Bapak Karyadi, M.Pd, ketua kompetensi keahlian kimia industry Ibu Evy Citra Ayu Negari, ST., M.Pd dan koordinator bursa kerja khusus SMKN 1 Gunungputri Bapak Andika Supriyanto, ST.

Kunjungan ini membahas tentang peluang kerjasama sekolah dengan industry link and match, terkait dengan pelaksanaan kelas industry, sinkronisasi kurikulum sekolah dengan industry, pelaksanaan praktik kerja industry (prakerin), guru tamu industry kesekolah, kegiatan magang guru/siswa, dan rekrutmen untuk alumni dapat belerja di industry. Perusahan yang dikunjungi meliputi PT Nilam Widuri, PT Kapsulindo Nusantara, PT Saraka Mandiri Sejahtera, PT Suntory Garuda (Garuda Food Group) dan PT Indac Int’l BCL.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Industri dan Kemasyarakatan (Hubinmas) SMKN 1 Gunungputri Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 Provinsi Jawa Barat Karyadi menyampaikan kunjungan ini merupakan Keniscayaan dan kebutuhan yang saling menguntungkan antara sekolah dengan Industri dalam menciptakan vokasi yang kuat dan mengkuatkan, hubungan baik dengan industry perlu dilanjutkan dengan sebuah kerjasama melalui MoU yang sinergis, kolaboratif, berkemajuan dan memberikan kebermanfaatan untuk sekolah dan industri.

“Sekolah membutuhkan kerjasama dengan industri, dalam mengupgrade dan meningkatkan kualitas peserta didik sesuai dengan kebutuhan industry, demikian pula industry membutuhkan sekolah sebagai mitra strategis membangun kebersamaan, hal tersebut menjadi tolak ukur dalam menciptakan vokasi yang berdaya dan berguna” kata Karyadi.

Kegiatan ini dihadiri dari unsur HRD perusahaan yang dikunjungi, para penanggungjawab QC perusahaan, dan staff terkait bidang kerjasama dengan sekolah.