UNBK 2018 Sukses Tanpa Kendala

Rangkaian kegiatan penilaian akhir bagi peserta didik kelas XII SMKN 1 Gunungputri tahun pelajaran 2017/2018 telah selesai dilaksanakan. Alhamdulillah semua kegiatan terlaksana sesuai dengan rencana, Sebanyak 316 orang siswa telah megikuti kegiatan ini dengan baik.

Rangkaian kegiatan diawali dengan kegiatan uji kompetensi kejuruan sesuai dengan program keahlian masing-masing yang dilaksanakan pada hari dan tanggal yang sudah ditentukan oleh program keahliannya. Kegiatan ini melibatkan beberapa pihak industri sebagai penguji dan penilainya.

Kegiatan penilaian selanjutnya adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) teori dan praktek. Ada lima belas pelajaran yang diujikan pada USBN kali ini yaitu; Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa inggris, Sejarah Indonesia, Pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan (Penjasorkes), PPKn, Prakarya dan kewirausahaan, Simulasi digital, Fisika, Kimia, Gambar Teknik, Seni Budaya, Dasar bidang keahlian serta Bahasa sunda. Sedangkan untuk mata pelajaran USBN praktek adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Prakarya dan Kewirausahaan, Seni Budaya serta PJOK.

Kegiatan USBN teori dilaksanakan selama delapan hari yaitu tanggal 19 sd 26 maret 2018. Sebanyak dua mata pelajaran diujikan setiap harinya. Bentuk soal USBN Ada yang berbentuk pilihan ganda saja ada juga gabungan pilihan ganda dan essai. Kisi-kisi USBN mengacu pada kisi-kisi yang sudah ditetapkan secara nasional, sedangkan soal USBN sendiri dibuat oleh MGMP tingkat provinsi yang bekerjasama dengan dinas pendidikan provinsi Jawa Barat.

Adapun tahap akhir dari kegiatan penilaian kelas XII adalah Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) DSC_6031 yang dilaksanakan pada tanggal 2 sd 5 april 2018. Mata pelajaran yang diujikan pada UNBK adalah Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Teori Kejuruan. UNBK tahun ini dilaksanakan dalam dua sesi menggunakan kurang lebih 160 komputer.

UNBK tahun ini berjalan dengan baik dan lancar tanpa kendala apapun. Pemadaman listrik yang selalu menjadi hal yang ditakutkan saat UNBK pun tidak terjadi. Hal itu karena sudah ada koordinasi antara pihak sekolah dengan PLN setempat sehingga bisa mengkondisikan masalah kelistrikan pada saat UNBK berlangsung.

Suksesnya rangkaian kegiatan ini juga tidak terlepas dari kerja keras panitia dalam mempersiapkannya, mulai dari kegiatan uji coba atau simulasi, Gladi bersih sampai terlaksananya kegiatan UNBK 2018. Semua kendala yang terjadi pada saat kegiatan bisa teratasi dengan baik. Diluar itu semua kekurangan senantiasa dievaluasi untuk cerminan kegiatan kedepannya agar lebih baik lagi. (TF)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *