PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU JALUR SELEKSI NON AKADEMIK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

JALUR NON AKADEMIK

Jalur Non Akademik adalah Penerimaan Peserta Didik Baru berdasarkan afirmasi (keberpihakan) terhadap kelompok tertentu dan atau apresiasi prestasi dengan kriteria utama bukan nilai hasil Ujian Nasional (UN) dan atau nilai hasil Ujian Sekolah (US) sebagai dasar utama seleksi.

  1. Afirmasi

Afirmasi (keberpihakan) untuk warga yang tidak mampu secara ekonomi, penyandang disabilitas, warga sekitar sekolah yang memiliki nota kesepahaman (MoU) atau dilindungi oleh ketentuan peraturan perundang-undangan.

  1. Prestasi

Apresiasi prestasi siswa dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, seni, olahraga, keagamaan, dan lain-lain. Diutamakan pada prestasi yang diperoleh pada kejuaraan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, dan lembaga atau Organisasi yang memiliki induk organisasi tingkat Daerah Kabupaten-Kota, tingkat Daerah Provinsi, dan Pusat.

Jenis prestasi yang diperhitungkan yaitu :

  1. Kejuaraan oleh Kemendikbud dan Kemenag

  • Juara internasional

  • Juara Nasional 1, 2, 3

  • Juara Provinsi 1, 2, 3, harapan

  • Juara Kabupaten/Kota 1, 2, 3

  1. Kejuaraan dari induk organisasi dan di luar Kemendikbud/Kemenag

  • Juara Internasional

  • Juara Nasional 1, 2, 3

  • Juara Provinsi 1, 2, 3, harapan

  • Juara Kabupaten/Kota 1, 2, 3

Bidang/kemampuan yang dipersyaratkan pada jalur Apresiasi Prestasi di SMK Negeri 1 Gunungputri adalah :

        1. Bola Voli

        2. Sepakbola/futsal

        3. Keagamaan (MTQ dan MHQ)

        4. Marching Band

        5. Degung/Karawitan

        6. OSN dan OSTN

PENDAFTARAN DAN SELEKSI

Pendaftaran dan seleksi dilaksanakan pada 6-14 Juni 2017 pukul 08.00 – 14.00 di Kampus SMK Negeri 1 Gunungputri

PERSYARATAN

  1. Telah lulus dan memiliki ijazah SMP/MTs/Paket B/sederajat

  2. Berusia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada awal tahun pelajaran baru

  3. Mengisi formulir pendaftaran

  4. Menyerahkan Surat Keterangan Lulus (asli)

  5. Menyerahkan SHUN dari sekolah (Asli)

  6. Menyerahkan Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari sekolah asal (asli)

  7. Menyerahkan fotocopy ijazah yang dilegalisasi bagi lulusan sebelum TP 2016/2017

  8. Menyerahkan fotocopy SHUN yang dilegalisasi bagi lulusan sebelum TP 2016/2017

  9. Menyerahkan SKCK dari kepolisian (asli) bagi lulusan sebelum TP 2016/2017

  10. Menyerahkan fotocopy akte kelahiran

  11. Menyerahkan fotocopy KTP orangtua dan menunjukkan aslinya

  12. Menyerahkan fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan menujukkan aslinya

  13. Menyerahkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Orangtua/Wali

  14. Menyerahkan Surat keterangan tidak mampu dari desa/kelurahan atau fotocopy Kartu Indonesia Pintar (KIP)/ fotocopy Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)/ fotocopy Kartu Indonesia Sehat (KIS)/ fotocopy Kartu Simpanan Keluarga Sejahtera (KSKS) dan menunjukkan aslinya (Afirmasi)

  15. Menyerahkan Surat Pernyataan Tanggung Tawab Mutlak Afirmasi dari Kepala Sekolah/Madrasah asal (Afirmasi)

  16. Menyerahkan Surat Pernyataan Tanggung Tawab Mutlak Afirmasi Pejabat Kelurahan/Kecamatan (Afirmasi)

  17. Menyerahkan fotocopy sertifikat penghargaan dilegalisasi pejabat yang berwenang dan menunjukkan aslinya (Prestasi)

  18. Menyerahkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Pejabat/Organisasi (Prestasi)

  19. Menyerahkan surat pengantar dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor (luar daerah)

  20. Tidak bertato dan bertindik

  21. Mengikuti tes khusus

MEKANISME PENDAFTARAN

  1. Calon Peserta Didik boleh memilih dua pilihan Sekolah yang berada di seluruh Daerah Provinsi

  2. Setiap Calon Peserta Didik dapat memilih dua sekolah pilihan yang berada di Daerah Kabupaten/Kota yang sama

  3. Setiap Calon Peserta Didik bebas memilih untuk sekolah pilihan ke-1, pilihan ke-2 wajib memilih sekolah yang berada dekat dengan tempat tinggal

  4. Calon Peserta Didik SMK dapat memilih 2 (dua) Kompetensi Keahlian (pilihan ke-1 dan ke-2) dalam satu SMK, atau Kompetensi Keahlian yang sama/Kompetensi Keahlian berbeda (pilihan ke-1 dan ke-2) untuk 2 (dua) SMK

  5. Calon Peserta Didik berkebutuhan khusus dapat diterima di SMK sesuai dengan ketentuan perundang undangan yang berlaku

  6. Calon Peserta Didik yang sudah mendaftar, tidak dibenarkan mengubah pilihan satuan pendidikan yang menjadi pilihannya

  7. Seluruh berkas pendaftaran, tidak dapat diambil sampai dengan pengumuman penerimaan peserta didik baru ditetapkan oleh satuan pendidikan.

PROSES SELEKSI

  1. Seleksi, SMK jalur non akademik afirmasi siswa dari keluarga ekonomi tidak mampu, dilakukan melalui verifikasi database dan/atau verifikasi lapangan Calon Peserta Didik.

  2. Bagi Calon Peserta Didik yang tidak dapat diterima di sekolah pilihan ke-1, akan dilimpahkan secara otomatis oleh sistem ke sekolah pilihan ke-2 untuk selanjutnya diperingkat di sekolah pilihan ke-2 sampai dengan jumlah daya tampung di sekolah pilihan ke-2 tersebut.

  3. Seleksi SMK jalur non akademik apresiasi siswa berprestasi, dilakukan melalui pemeringkatan, dimana Prestasi tertinggi pada tiap cabang kejuaraan yang dimiliki Calon Peserta Didik dan lolos verifikasi, masing-masing diberi skor.

  4. Skor total yang merupakan hasil penjumlahan dari skor setiap prestasi dijadikan dasar untuk melakukan pemeringkatan/ranking.

  5. Calon Peserta Didik jalur Prestasi diseleksi berdasarkan Database prestasi siswa, yaitu daftar nama siswa dan prestasi yang diperoleh dari berbagai kejuaraan yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, organisasi induk olahraga/kesenian atau lembaga lainnya dan telah ditetapkan Dinas.

  6. Bagi Calon Peserta Didik jalur Prestasi yang ternyata tidak masuk dalam Sistem PPDB akan dilakukan verifikasi, data yang dientri operator sekolah akan diproses oleh sistem menjadi skor.

  7. Seleksi didasarkan perolehan skor dari sertifikat prestasi yang dimiliki Calon Peserta Didik

  8. Daftar urut perolehan skor tertinggi Calon Peserta Didik sampai dengan jumlah sesuai kuota penerimaan ditetapkan melalui sidang panitia PPDB sekolah dan ditetapkan oleh Kepala Sekolah dan diumumkan sebagai Calon Peserta Didik SMK yang diterima pada tahun pelajaran berjalan.

  9. Jika pada batas akhir daya tampung terdapat skor akhir yang sama, maka dilakukan pemeringkatan berdasarkan nilai UN mata pelajaran, secara berurutan: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA.

KUOTA

  1. Kuota dan daya tampung dari jalur Non Akademik afirmasi tidak mampu sebanyak 20% (dua puluh persen) dari keseluruhan daya tampung peserta didik di satuan pendidikan dan berdomisili di wilayah terdekat dengan tempat tinggal calon peserta didik;

  2. Kuota dan daya tampung dari jalur Non Akademik Prestasi paling banyak 10% (sepuluh persen) dari keseluruhan daya tampung peserta didik di satuan pendidikan dengan komposisi maksimal 50% dari luar Jawa Barat

KELULUSAN

Hasil PPDB merupakan daftar urutan Calon Peserta Didik yang terdapat pada display yang diumumkan di sekolah, sesuai kuota/daya tampung masing-masing sekolah, kemudian ditetapkan Dinas Pendidikan Provinsi dan diumumkan secara serempak, transparan, dan akuntabel melalui Sistem PPDB pada 16 Juni 2017.

DAFTAR ULANG

Calon peserta didik baru yang dinyatakan diterima wajib mendaftar ulang dengan menyerahkan persyaratan yang ditetapkan sekolah pada tanggal 3-5 Juli 2017.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *