Ujian Nasional Perbaikan di SMKN 1 Gunungputri

Pada hari Selasa dan Rabu pekan ini yakni tanggal 18 dan 19 April 2017, sekolah kita SMK Negeri 1 Gunungputri menjadi salah satu sekolah penyelenggara Ujian Nasional Perbaikan (UNP) Tahun 2017 tingkat SMK/MAK untuk wilayah Kabupaten Bogor. Dasar pelaksanaan Ujian Nasional Perbaikan (UNP) Tahun 2017 adalah Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Penilaian Nomor 3 tahun 2017 dan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0043/P/BSNP/I/2017.

Ujian Nasional Perbaikan ini diikuti oleh peserta UN Tahun Pelajaran 2015/2016 pada jenjang SMK/MAK yang belum memenuhi kriteria pencapaian kompetensi lulusan yang ditetapkan. Ujian Nasional Perbaikan yang diselenggarakan di sekolah kita dalam bentuk Ujian Berbasis Komputer/Computer Based Test (CBT). Soal UNP mengacu pada kisi-kisi UN 2016. Mata ujian yang dapat diperbaiki adalah mata ujian yang nilainya kurang dari atau sama dengan 55 (lima puluh lima).

Pelaksanaaan Ujian Nasional Perbaikan di sekolah kita kali ini hanya diikuti oleh 4 orang peserta yang merupakan alumni tahun 2015/2016 dari sekolah kita sendiri. Keempat orang tersebut mengikuti Ujian Nasional Perbaikan untuk mata pelajaran Matematika, dan hanya dua orang diantaranya yang mengikuti Ujian Nasional Perbaikan untuk mata pelajaran Bahasa Inggris.

Jumlah Pendaftar untuk pelaksanaan Ujian Nasional Perbaikan kali ini lebih sedikit dari UNP sebelumnya yang berjumlah 21 orang. Menurut Bapak Tendi Januari, S.Pd selaku Proktor Utama Hal itu hal itu dikarenakan pada kali ini SMKN 1 Gunungputri hanya menjadi penyelenggara Ujian Nasional Perbaikan tingkat SMK/MAK sedangkan tingkat SMA/MA diselenggarakan di SMA Negeri 2 Cibinong.

Ujian Nasional Perbaikan bisa menjadi solusi untuk lulusan SMA/MA, Paket C dan SMK/MAK yang ingin memperbaiki Hasil Ujian Nasional nya. Namun program ini belum terlalu banyak diketahui oleh siswa/masyarakat sehingga setiap tahunnya jumlah peserta Ujian Nasional Perbaikan tidak banyak.

Untuk siswa/i yang ingin mengikuti Ujian Nasional Perbaikan berikut merupakan ketentuannya :

Persyaratan

  1. Ijazah/SHUN (Sertifikat Hasil Ujian Nasional) (asli atau fotocopy 1 lembar);
  2. Memiliki nilai UN yang kurang dari atau sama dengan 55 (lima puluh lima) pada mata ujian tertentu; dan
  3. Pas foto ukuran 3×4 cm sebanyak 2 lembar.

Mekanisme Pendaftaran

    1. Calon peserta melihat tempat pelaksanaan UNP yang telah ditunjuk oleh dinas pendidikan provinsi di laman https://unp.kemdikbud.go.id.
    2. Calon peserta mendaftarkan diri secara langsung ke satuan pendidikan tempat pelaksanaan UNP. Tempat pendaftaran adalah tempat yang dipilih calon peserta sebagai tempat pelaksanaan UNP.
    3. Calon peserta TIDAK HARUS mengikuti UNP di kabupaten/kota atau propinsi asal sekolah peserta.
    4. Petugas pendaftaran pada satuan pendidikan melakukan verifikasi peserta dengan cara memeriksa kesesuaian:
      • salinan ijazah/SHUN;
      • pas foto, foto di ijazah atau foto di SHUN, serta tampak diri peserta saat mendaftar;
      • nilai yang tertera di SHUN dengan data dalam laman yang telah disediakan.
    5. Petugas pendaftaran pada satuan pendidikan memasukkan data calon peserta pada laman yang disediakan sesuai petunjuk yang tertera dalam laman yang disediakan.
    6. Petugas pendaftaran pada satuan pendidikan melakukan hal-hal berikut:
      • memasukkan data nomor UN calon peserta UNP;
      • memilih mata uji yang akan ditempuh oleh peserta di laman https://unp.kemdikbud.go.id;
      • mencetak kartu peserta ujian;
      • menempel pas foto dan membubuhkan stempel sekolah pada foto di kartu peserta ujian;
      • menandatangani kartu peserta ujian; dan
      • menyerahkan kartu peserta ujian ke peserta.
    7. Peserta login ke laman https://unp.kemdikbud.go.id menggunakan user dan password yang tercantum di kartu peserta, untuk :
      • mengecek kesesuaian data di laman tersebut;
      • jika memiliki surel/email dan nomor HP peserta dapat melengkapinya.

Ujian Nasional Perbaikan (UNP) memang merupakan solusi untuk memperbaiki nilai Ujian Nasional (UN) yang kurang dari atau sama dengan 55, namun alangkah lebih baik jika nilai yang kita peroleh pada Ujian Nasional Utama sudah diatas 55, hal itu tentu akan lebih membanggakan. Tentu saja usaha dan do’a menjadi hal terpenting. Semoga untuk Peserta Ujian Nasional (UN) SMKN 1 Gunungputri tahun ini mendapatkan nilai yang memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *