Profil Teknik Elektronika Industri

Kompetensi keahlian Teknik Elekronika Industri merupakan satu dari empat kompetensi keahlian yang ada di SMK Negeri 1 Gunung Putri yang terakreditasi A. Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri dibuka setelah beberapa tahun SMK Negeri 1 Gunung Putri berdiri, tepatnya pada tahun pelajaran 2002-2003. Kompetensi keahlian Teknik Eleketronika Industri dibuka lebih dikarenakan jumlah guru yang berlatar belakang teknik elektronika berjumlah cukup banyak.

Pada awalnya jumlah rombongan belajar kompetensi keahlian Teknik ElektronikaIndustri berjumlah 1 kelas. Dengan berjalannya waktu, animo masyarakat untuk belajar di kompentensi keahlian Teknik Elektronika Industri semakin banyak. Maka pada tahun 2008 jumlah rombongan belajar menjadi 2 kelas dan selanjutnya mulai tahun 2012 rombongan belajar berjumlah 3 kelas hingga sekarang.

Lulusan Teknik Elektronika Industri  tersebar pada berbagai macam pekerjaan industri maupun non-industri. Lulusan yang bekerja di bidang industri jabatan pekerjaanya antara lain supervisor, teknisi, quality control dan sebagainya. Sedang pekerjaan di luar  non-industri antara lain prajurit TNI, guru, pegawai pemerintahan, pedagang dan sebagainya.

Kurikulum yang digunakan pada kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri dari awal sudah mengalami tiga kali perubahan kurikulum. Saat pertama menggunkan kurikulum SMK edisi 1999, kemudia pada tahun 2006 menggunakan kurikulum satuan pendidikan KTSP, dan terakhir mulai tahun 2013 menggunakan kurikulum 2013. Secara garis besar  materi yang dipelajari adalah :

  1. Teknik kerja bengkel elektronik
  2. Teknik elektronika/listrik dasar
  3. Teknik digital
  4. Teknik pemograman
  5. Teknik mikroprosessor/mikrokontroler
  6. Penerapan rangkaian elektronika
  7. Komunikasi data dan interface
  8. Sensor dan Aktuator
  9. Perekayasaan Sistem kendali berbasis mikrokontroler/PLC
  10. Perekayasaan Sistem Robotik
  11. Perawatan dan perbaikan pesawat elektronika
  12. Pembelajaran di industri

Untuk menunjang kegiatan belajar khususnya pembelajaran produktif/kejuruan, Teknik Elektronika Industri memiliki sarana dan prasarana yang hingga sekarang selalu berusaha mencapai standar yang diharapkan. Fasilitas ruang bengkel  yang dimiliki Teknik Elektronika Industri adalah :

  1. Ruang bengkel Teknik elektronika/listrik dasar
  2. Ruang bengkel kendali elektronika
  3. Ruang kerja bengkel
  4. Ruang komputer
  5. Ruang alat dan bahan

Fasilitas praktek yang dimiliki Teknik Elektronika Industri adalah :

  1. Computer
  2. Trainer digital
  3. Trainer elektronika
  4. Trainer Kendali elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *